SELAMA ini mungkin anda lebih familiar dengan Google Adsense untuk memonetisasi video, blog atau pun website. Juga games pada toko aplikasi Google Play Store.
Padahal jauh sebelum Google Adsense lahir, platform jasa periklanan internet sudah ada. Yaitu Yahoo Partner Ads (sebelumnya dikenal sebagai Yahoo Publisher Network).
Yahoo Partner Ads (YPA) telah beroperasi sejak tahun 2003 sebagai program iklan untuk penerbit situs web. Sejak saat itu, program ini berkembang menjadi alternatif bagi para penerbit yang ingin menampilkan iklan pada situs web.
Baca Juga:Tak Kuat Bersaing, Game Apex Legends Mobile Memutuskan TutupPrediksi Almeria vs Villarreal Head to Head dan Susunan Pemain
Persaingan antara YPA dan Google AdSense cukup ketat. Keduanya adalah program iklan terbesar dan paling populer. Namun, Google AdSense memiliki pangsa pasar yang lebih besar ketimbang YPA.
Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yahoo Partner Ads dapat memberikan potensi pendapatan lebih tinggi dalam beberapa kasus. Tetapi Google AdSense menawarkan lebih banyak fitur dan dukungan yang lebih baik. Serta memiliki lebih banyak iklan dan pengiklan.
Penerbit situs web bisa melakukan penelitian dan mencoba keduanya. Sehingga bisa mengetahui mana yang paling cocok untuk situs web atau blog mereka.
Mengenal Yahoo Partner Ads
Yahoo Partner Ads atau YPA adalah program iklan Yahoo dan tersedia untuk para penerbit situs web. Dalam program ini, penerbit situs web memasang kode iklan Yahoo pada situs mereka.
Ketika pengunjung situs mengklik iklan tersebut, penerbit situs web mendapatkan pembayaran dari Yahoo. YPA biasanya berisi iklan berbayar per klik (pay-per-click) dan iklan berbayar per impresi (pay-per-impression), yang mempromosikan berbagai jenis produk dan layanan.
Harga iklan Yahoo Partner Ads untuk setiap tayangan iklannya dapat bervariasi. Tergantung pada beberapa faktor seperti jenis iklan, pasar iklan, target audiens dan pesaing lainnya.
Yahoo Partner Ads biasanya menggunakan model pembayaran per klik (pay-per-click) dan per impresi (pay-per-impression).
Baca Juga:Prediksi Girona vs Getafe Head to Head dan Susunan PemainCanggih! Asisten Pintar JoshAI Bisa Kontrol Otomasi Rumah
Dalam model pembayaran per klik, penerbit akan mendapat bayaran ketika pengunjung mengklik iklan. Sedang dalam model per impresi, penerbit akan mendapatkan pembayaran setiap kali iklan muncul di situs web mereka.