JAKARTA, RADARSPORTS.ID – Pabrikan asal Jepang secara resmi meluncurkan Livery Yamaha MotoGP 2023 di Jakarta, Selasa 17 Januari 2023. Desain baru ini lebih agresif ketimbang pada musim sebelumnya.
Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli memperkenalkan langsung desain tersebut pada momen pertemuan 35 dealer Yamaha terbesar.
Aksen abu-abu pada skema warna biru hitam yang sudah ada sejak MotoGP 2019. Kombinasi biru Yamaha dan hitam Monster Energy sponsor utama masih dominan pada livery baru.
Baca Juga:Aprilia Penantang Serius di MotoGP 2023Livery Yamaha untuk MotoGP 2023 Dikenalkan
Kemudian, wearpack pembalap juga mendapat lapisan cat baru dengan tampilan kamuflase yang sesuai. Sponsor Beta, pabrikan alat dan mitra lama tim pabrikan Yamaha, sekarang posisinya secara mencolok di fairing depan.
“Sedikit lebih agresif, sedikit lebih muda,” ujar Direktur Balap Yamaha Lin Jarvis menjelaskan desain Aldo Drudi, yang juga akan digunakan di Motocross World Championship sebagai bagian dari kolaborasi global dengan Monster Energy.
Kamuflase tidak sembarangan, mereka ingin lebih agresif. “Kami akan bertarung, kami akan berperang, kami akan menghadapi tantangan,” terang Jarvis.
Yamaha Optimis Rebut Gelar MotoGP 2023
Takahiro Sumi, optimis dan tidak meragukan klaim dari Lin Jarvis tentang kesiapannya untuk MotoGP 2023. “Tentu saja, tujuannya adalah untuk memenangkan kembali gelar juara dunia musim ini,” kata General Manager Divisi Pengembangan Olahraga Motor Yamaha Motor Co., Ltd.
Sejak tes Valencia, Yamaha bekerja tanpa lelah dan sangat keras untuk lebih mengembangkan M1. “Kami telah melakukan perubahan di hampir setiap area motor, terutama dalam hal peningkatan top speed, itu prioritas utama. Pada akhirnya, yang terpenting adalah keharmonisan antara pengemudi dan mesin,” ujar dia.
“Jadi kami sekarang sedang mempersiapkan tes pertama di bulan Februari dan menyatukan semua bagian untuk membangun paket terbaik bagi pengemudi melalui komunikasi yang intensif,” pungkasny.
Artinya, kata dia, beberapa perubahan teknis masih bisa terjadi pada YZR-M1 sebelum tes MotoGP resmi Sirkuit, Sepang Malaysia.
Baca Juga:Mykhaylo Mudryk Bisa Bawa Chelsea Kembali GarangPrediksi Chelsea vs Crystal Palace di Liga Inggris, Head to Head: Chelsea Diunggulkan
Ahli mesin Formula 1 Luca Marmorini telah mengerjakan mesin tersebut selama sekitar satu tahun. Dari Formula 1 bahwa kelompoknya terdiri dari enam hingga tujuh insinyur dan perancang mesin. (*)